Sunday, May 6, 2018

Download Logo Tut Wuri Handayani format cdr

Sedikit pembahasan tentang Tut Wuri Handayani
Arti Tut Wuri Handayani Dalam Pendidikan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia perihal arti pendidikan adalah Pendidikan yaitu sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal tersebut berakibat pada setiap individu yaitu memiliki pola pikir, perilaku dan akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.
Lain hal nya menurut Bapak Pendidikan Indonesia yang mendefinisikan Pendidikan yakni suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya ialah bahwa pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.
Mengacu pada dunia pendidikan di Indonesia yang tak lepas dari peran besar seorang Ki Hadjar Dewantara atau sosok yang bernama asli Raden Mas Suwardi Suryaningrat adalah seorang keturunan darah biru yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta.
Ki Hadjar Dewantara tamat dari Sekolah Dasar Eropa yang kala itu bisa dinikmati oleh orang pribumi dari kalangan bangsawan seperti dirinya. Kemudian beliau melanjutkan ke Sekolah Dokter Bumiputera atau dikenal pula dengan STOVIA yang tidak sempat ia tamatkan karena sakit. Selepas itu ia memilih berprofesi sebagai penulis dan wartawan di beberapa surat kabar yakni Tjahaja Timoer, Poesara, Sediatomo, Midden Java, De Express, Kaoem Moeda, dan Oetoesan Hindia.
Beliau pernah menulis sebuah artikel berjudul ‘Als ik een Nederlander was’ yang artinya ‘Seandainya aku seorang Belanda’ yang dimuat dlaam surat kabar De Express pada 13 Juli 1913. Artikel tersebut sontak menohok para Hindia Belanda dan karen artikel tersebut beliau ditangkap Belanda dan diasingkan ke pulau Bangka sebelum akhirnya diasingkan ke Belanda bersma kedua sahabatnya yakni Douwes Dekker dan Tjipto Mangunkusumo. Selama Masa pengasingan di Belanda, beliau aktif dalam Indische Vereeniging (Perhimpunan Hindia) sebuah organisasi para pelajar asal Indonesia.
Cita-citanya memajukan kaum pribumi dengan belajar ilmu pendidikan dimulai dari sini hingga memperoleh suatu ijazah pendidikan yang bergengsi yang kelak menjadi pijakan langkahnya dalam mendirikan lembaga pendidikan yang didirikannya. Ki Hadjar Dewantara terinspirasi sejumlah tokoh pendidikan Barat, seperti Froebel dan Montessori, serta pergerakan pendidikan India, Santiniketan, oleh keluarga Tagore. Pengaruh-pengaruh inilah yang mendasarinya dalam mengembangkan sistem pendidikannya sendiri.



Download Logo Tut Wuri Handayani format cdr


Logo Tut wuri Handayani




Tut Wuri Handayani png



  editable corel draw 12

Mungkit itu sedikit pembahasan tentang Tut Wuri Handayani, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan filenya bisa berguna dalam kehidupan kita sehari-hari.


EmoticonEmoticon

Your Ads Here